Strategi Memilih Jurusan SMA untuk Kurikulum Merdeka


 

 Trik Memilih Jurusan SMA untuk Kurikulum Merdeka


Pemateri : Taofik Fadillah S.Pd, Gr



      💫 Summary

      Video ini membahas strategi pemilihan jurusan SMA melalui komunitas belajar, dengan pengaturan menu mata pelajaran dan pengelompokan kelas yang disesuaikan. Di dalam video ini juga dibahas beberapa hambatan yang mungkin timbul selama proses pemilihan menu mata pelajaran dan bagaimana mengatasi hambatan tersebut. 

      ✨ Highlights
 Strategi pemilihan jurusan SMA termasuk mempertimbangkan mata pelajaran dan kurikulum yang relevan.- Pemilihan jurusan SMA harus mempertimbangkan mata pelajaran seperti biologi, kimia, fisika, dan matematika tingkat lanjut.
  • Kurikulum Merdeka belum menyediakan jurusan yang relevan dengan Akademi Militer.
  • Jurusan antropologi dapat dipilih di kelas 11 atau fase F untuk siswa yang belum stabil dalam pelajaran IPS.
  • Menu E cocok untuk siswa yang ingin belajar ekonomi bisnis.
  • Pemilihan menu a, b, atau c akan menentukan kelas siswa.
          
Strategi pemilihan jurusan SMA melibatkan pemilihan mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat siswa.- Ada beberapa mata pelajaran yang disarankan untuk dipilih, seperti filsafat, sosiologi, dan antropologi.
  • Mata pelajaran IPA seperti kimia, biologi, fisika, dan astronomi juga disarankan.
  • Untuk jurusan pertanian, siswa dari IPS juga dapat memilih matematika sebagai mata pelajaran.
  • Jurusan arsitektur dapat dipilih oleh siswa dari IPS dengan latar belakang matematika atau fisika.
  • Untuk jurusan kedokteran, mata pelajaran yang disarankan adalah biologi dan kimia.
          
Fokus pada aqidah dan fiqh, semester pertama fokus pada fiqh Islam, semester kedua pada moral dan daya tarik.- Terdapat lima menu yang dibagi menjadi tiga kelompok.
  • Mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia diajarkan dalam satu kelas, tetapi saat mata pelajaran berpindah, ada penyebaran dan pemisahan.
  • Kelas 1 terdiri dari kelas keliling dan kelas kecil di perpustakaan atau departemen ilmu pengetahuan.
          
Jumlah siswa jurusan IPA adalah 24, dan jumlah mata pelajaran yang dapat dibuka tergantung pada jumlah sumber daya manusia yang tersedia.- Jumlah siswa jurusan IPA adalah 24.
  • Mata pelajaran yang dapat dibuka tergantung pada jumlah sumber daya manusia yang tersedia.
  • Jika ada dua guru, maka bisa dibuka dua kelas.
Salah satu hambatan dalam pemilihan jurusan SMA adalah koordinasi antara guru-guru yang mengajar di menu pilihan, di mana perlu ada kesepakatan tempat yang sama untuk menghindari perubahan yang membingungkan.- Hambatan lainnya adalah penyesuaian yang perlu dilakukan hingga menemukan formulasi yang tepat.
  • Penting untuk sering berkomunikasi dan memperkuat menu pilihan yang dipilih.
  • Tindakan yang tidak diperbolehkan adalah membuka informasi yang tidak relevan.
Pemilihan jurusan SMA melibatkan prediksi dan penyesuaian berdasarkan jumlah kelas dan mata pelajaran yang tersedia.- Prediksi dilakukan berdasarkan hasil tes dan prediksi pribadi.
  • IPS kemungkinan berada di satu kelas, sementara ada kelas campuran.
  • Pemilihan jurusan harus disesuaikan agar memenuhi persyaratan jumlah kelas dan mata pelajaran yang diinginkan.
          
Dalam bagian ini, dijelaskan bahwa pemilihan jurusan SMA tidak hanya dipikirkan oleh satu orang, tetapi harus dibantu oleh orang lain, seperti tim kurikulum dan guru-guru yang memberikan rekomendasi
  • Strategi pengiriman dan durasi belajar juga penting dalam pemilihan jurusan.
  • Pemilihan jurusan harus melibatkan banyak pihak, termasuk tim kurikulum dan guru-guru.
          
    

File Penjelasan



No Nama File Download Modul
1) JADWAL PELAJARAN 2023-2024 SMS GENAP - FEBRUARI - SETIAP KELAS
2) LAPORAN PISA KEMENDIKBUDRISTEK
3) Pemilihan Mata Pelajaran Fase-F
4) Presentasi Pemilihan Mata Pelajaran Kurikulum SMA Daarut Tauhiid Boarding School
5) salinan_20220907_170713_Kepmen 345M2022 Mapel Pendukung Prodi FIX
6) Struktur Kurikulum SMA_MA
7) V7. Panduan Pemilihan Mapel SMA revisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar